Senin, 08 April 2013

SATELIT


    Satelit sering disebut pengiring planet, karena satelit selalu menenemani (mengiringi) planet ketika planet mengelilingi matahari. Ada 2 jenis satelit, yaitu Satelit alam dan satelit buatan.  Satelit alam  adlah satelit yang sudah ada dlam tata surya dan bukan diciptakan atau dibuat oleh manusia. Contoh satelit alam adalah bulan. Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan diluncurkan dengan menggunakan roket. Contoh satelit buatan adalah Satelit Palapa yang dimiliki oleh negara kita.

a. Satelit alam
    Bumi kita memiliki satu satelit alam (biasa disebut satelit saja), yaitu BULAN. Planet-planet lain dalam tata surya kita ada yang memiliki satelit dan ada juga yang tidak memiliki satelit. Planet yang tidak memiliki satelit adalah Merkurius dan Venus. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut :

No.
Nama Planet
Jumlah Satelit
1.
Merkurius
Tidak ada
2.
Venus
Tidak ada
3.
Bumi
1
4.
Mars
2
5.
Yupiter
16
6.
Saturnus
18
7.
Uranus
15
8.
Neptunus
8

Jumlah satelit yang mengelilingi planet masih bisa berubah seiring dengan ditemukannya satelit-satelit lain dengan menggunakan teknologi yang lebih modern.

Bulan sebagai satelit Bumi



     Bulan tidak memiliki cahaya sendiri, melainkan hanya memantulkan sinar matahari yang datang padanya. Pengetahuan manusia tentang bulan semakin bertambah sejak pendaratan pertama Apollo 11 oleh Astronot Amerika. Apollo 11 dengan 3 orang awaknya mendarat di bulan pada bulan Juli 1969. Orang pertama yang menjejakkan kaki di bulan adlah Neil Amstrong. dan kemudian disusul oleh rekannya Edwin Aldrin. Sementara rekannya yg lain, Michael Collin tetap di pesawat. Pendaratan dibulan juga dilakukan oleh Kosmonot Soviet (sekarang Rusia),yaitu Yuri Gagarin.
       Dari pengamatan para astronot dan kosmonot, bentuk bulan seperti bola dan permukaan bulan tidak rata, melainkan bergunung-gunung. Jarak bulan dari bumi kira-kira 384.000 km. Massa bulan kira-kira 1/60 kali massa bumi dan jari-jari bulan kira-kira 1/4 kali jari-jari bumi. Dibulan tidak ada atmosfer. Perubahan temperatur di permukaannya sangat besar yaitu 110 derajat C ditempat yang kena sinar matahari dan -173 derajat C ditempat yang tidak kena sinar matahari sehingga tidak memungkinkan adanya kehidupan.
      Pergerakan bulan memperngaruhi keadaan di bumi, yaitu : Adanya peristiwa naik dan pasang surut di pantai. Selain itu pergerakan bulan digunakan juga sebagai penanggalan Tahun Islam (Hijriah). Waktu satu bulan dalam kalender Hijriah sama dengan waktu yang digunakan oleh bulan untuk mengelilingi bumi satu kali.


a. Satelit buatan
     Indonesia menggunakan satelit buatan sebagai satelit komunikasi. Di negara yang sudah maju, selain sebgai alat komunikasi, satelit buatan ada yang digunakan untuk memata-matai musuh (satelit mata-mata) dan ada juga yang sebagai sarana pemandu pelayaran/penerbangan, siaran radio dan televisi, pemetaan permukaan bumi dan hasil kekayaan yang terkandung dalam perut bumi. Satelit ini biasanya diluncurkan dengan roket ke ruang angkasa.
Sebagai contoh : peluncuran satelit komunikasi Palapa C1 milik negara kita pada tanggal 1 Februari 1996 dilakukan oleh roket ATLAS 2 AS milik Amerika Serikat.


1 komentar: